PT TMS Siapkan Ribuan Bibit Pohon untuk Reklamasi hingga Membangun 5 Settling Pond di Pulau Kabaena

PT. Tonia Mitra Sejahtera (TMS) yang merupakan perusahaan tambang dengan spesialisasi di bidang mineral yang telah menambang sejak tahun 2019 di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Salah satu perusahaan terkemuka di Provinsi Sultra ini, ternyata memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga lingkungan di wilayah operasinya.
Dan Ini terlihat dari kegiatan pasca tambangnya dengan melaksanakan program reklamasi atau revegetasi yang telah dilaksanakan selama ini.

“Pelaksanaan program reklamasi atau revegetasi telah dilaksanakan di dua area pit mine out yakni di pit mine out daniati dan pit mine out yusi dengan luasan area yang sudah ditanami kembali seluar 8,3 hektar dengan jumlah pohon yang ditanam mencapai 5.400 lebih batang pohon,”ungkap Head Of Public Affair PT. TMS, Yessy Olivia kepada fajar.co.id, Minggu (2/4).

Lanjutnya, dan dalam menyiapkan bibit-bibit pohon tersebut, PT. TMS memiliki tim Environment dari Departemen Healthy, Safety and Enviroment (HSE) yang melakukan pembibitan di area nursery.

“Dan setelah bibit mencapai usia tanam sekira 2-3 bulan, maka bibit pohon akan dibawa dan ditanam di area yang telah direklamasi atau di area yang telah dilakukan penataan lahan, spreading sub soil dan pengisian top soil pada planting hole,”jelasnya lagi.

Kata Yessy, adapun jenis dan jumlah pohon yang telah ditanam di area reklamasi atau revegetasi PT. TMS adalah Pohon Sengon Sebanyak 4.208 pohon, Akasia sebanyak 360 pohon, Trembesi sebanyak 635 pohon, serta pohon lokal seperti Pohon Bitti dan lain sebagainya sebanyak 200 pohon.

Selanjutnya Yessy juga menambahkan bahwa selain menyiapkan bibit pohon, Tim HSE PT. TMS juga menyiapkan pengelolaan air limbah untuk mencegah pencemaran.

“Pengelolaannya dengan cara mengalirkan air limpasan yang terkontaminasi dengan kegiatan produksi atau penambangan ke fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Settling Pond yang dengan rutin dilakukan pengolahan dan pemantauan hingga memenuhi Baku Mutu Air Limbah (BMAL) sesuai dengan aturan ditetapkan oleh Peraturan menteri (Permen) Lingkungan Hidup (LH) No. 09 Tahun 2006,”

“Dan saat ini, PT.TMS telah memiliki 5 settling pond dengan izin yang diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bombana,”pungkasnya.(IMR/FNN).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sosial Media

Kategori

Artikel Lainnya